Telp: 0812 2174 3057
0

Yahya Al-Sinwar Kembali Terpilih Jadi Ketua Hamas di Jalur Gaza

Ketua Hamas Gaza Yahya Al-Sinwar berbicara kepada media, di Kota Gaza 28 Oktober 2019.[REUTERS/Mohammed Salem]

Jakarta –¬†Yahya Al-Sinwar terpilih kembali untuk memimpin Hamas di Jalur Gaza untuk masa jabatan kedua, kata para pejabat pada hari Rabu.

Yahya Al-Sinwar, pemimpin Hamas di Gaza sejak 2017, dibebaskan dalam pertukaran tahanan tahun 2011 dengan Israel setelah menghabiskan lebih dari 20 tahun di balik jeruji besi atas tuduhan di antaranya membunuh tersangka informan melawan militan Palestina.

Meski dia mendukung penolakan Hamas untuk hidup berdampingan dengan Israel, Sinwar telah mempertahankan kebuntuan yang relatif stabil di seberang perbatasan Gaza.

Sinwar tidak takut untuk mendorong konfrontasi yang lebih keras dengan Israel. Tahun lalu, dia mengancam akan berperang jika Israel tidak mengizinkan alat bantu pernapasan dan bantuan medis lainnya ke wilayah miskin itu untuk melawan penyebaran virus corona.

Sinwar juga mengupayakan hubungan yang lebih baik dengan Mesir, yang berbatasan langsung Gaza di wilayah pantai kecil Mediterania.

Ia memperketat keamanan di sepanjang perbatasan Gaza dengan Sinai Utara yang bergolak untuk membantu militer Mesir di sana, di mana mereka menghadapi serangan bersenjata oleh sekutu lokal ISIS.

 

sumber: https://dunia.tempo.co/read/1441099/yahya-al-sinwar-kembali-terpilih-jadi-ketua-hamas-di-jalur-gaza/full&view=ok