Telp: 0812 2174 3057
0

Ini 5 Keutamaan Ramadhan Yang Perlu Kamu Tahu

kitamaryam.org, Jakarta Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh ummat Islam di dunia. Bagaimana tidak, firman Allah subhanahu wa ta’ala dan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menerangkan keistimewaan bulan ini.

Dibawah ini 7 keutamaan bulan Ramadhan, dari diturunkannya Al Qur’an hingga malam Lailatul Qadar, seperti dikutip dari Liputan6.com

1. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Keutamaan yang pertama ialah diturunkannya Al Quran, kitab Allah yang sempurna. Sudah jelas bahwa diturunkannya Al-Qur’an pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata istimewanya bulan ini.

Berawal dari turunnya wahyu ketika Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sedang berkhalwat atau menyendiri untuk bertafakkur di Gua Hira.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah yang artinya,”Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah: 185).

2. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah terdapat satu malam penuh kemuliaan dan keberkahan pada malam-malam terakhir di bulan Ramadhan, yaitu malam Lailatul Qadar.

Di bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu Lailatul Qadar. Pada malam inilah yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan adalah saat diturunkannya Al-Qur’an.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Qadr ayat 1-5 yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr (1), Dan tahukah kamu apa malam Qadr itu? (2) (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan (3). Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan (4). Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar (5).” (QS. Al-Qadr: 1-5).

3. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta setan-setan diikat.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Ketika masuk bulan Ramadlan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dengan demikian, Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang telah diperbuat pada bulan Ramadhan.

Di sisi lain, pintu neraka ditutup untuk mencegah kemaksiatan dan perbuatan dosa. Wallahu a’lam bisshowab.

4. Dilipatgandakan Pahala pada Bulan Ramadan

Rasulullah SAW bersabda yang artinya,“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim).
 
Amalan-amalan pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, sedangkan keutamaan bulan Ramadhan dalam riwayat yang lain juga disebutkan, pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji bersamaku (Nabi).
 

Dalam riwayat lain juga disebutkan, Ibnu Rajab rahimahullah berkata, Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata,

“Apabila telah tiba bulan Ramadan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.”

5. Bulan Penuh Pengampunan

Keutamaan bulan Ramadhan juga sebagai kesempatan yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa. Hal ini menjadi keutamaan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadan adalah waktu yang baik untuk mengambil kesempatan bertaubat.

Nabi SAW bersabda yang artinya:”Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

Dengan berpuasa pada bulan Ramadhan ini, maka bisa menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi SAW yang artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, sholat tarawih yang dikerjakan pada setiap malam di bulan Ramadhan juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana hadits Nabi SAW yang artinya: Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan sholat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)